Istilah Agama Islam - T


Tabi’un (تابعون) Tunggal Tabi’i; makna harfiah pengikut; mereka yang bertemu dan belajar dari para sahabat dan meninggal dalam keadaan muslim.

Tafsir (تفسير) Penjelasan ayat-ayat al-Quran, ilmu tafsir

Taharah (طهارة) Bersuci dalam Islam, termasuk tubuh, pakaian, dan tempat ibadah.

Thalaq (طالق) Perceraian. Ada dua jenis perceraian dalam Islam – Thalaq Raj’i di mana pasangan bisa rujuk kembali tanpa menikah ulang dan Thalaq Ba’in di mana wanita tidak bisa rujuk sampai ia

dinikahi lelaki lain kemudian diceraikan.

Taqlid (تقليد) Mengikuti sebuah madzhab secara buta.

Taqwa (تقوى) Melindungi diri dari kemurkaan Allah dengan mengamalkan apa yang Dia perintahkan dan menjauhi larangan-Nya. Ia juga bermakna sadar akan keberadaan Allah.

Tarjih (ترجيح) Mengedepankan periwayatan sebuah hadits atau perkataan ulama atas periwayatan lain dengan topik serupa karena telah dibuktikan lebih benar.

Tash-hih (تصحيح) Otentifikasi dan pengelompokan pernyataan-pernyataan ulama madzhab atau pembuktian keshahihan sebuah hadits.

Tawassul (توسل) Berdoa kepada Allah melalui perantara.

Tauhid (توحيد) Konsep  pengesaan  Tuhan  yang  murni  yang hanya ada dalam Islam, di mana Allah hanya satu dalam wujud, sifat, dan tindakan.

Tayammum (تيمم ) Ritual bersuci dengan debu suci bila tidak adaair atau karena sakit.

Sumber: 

Last Modified: 13/04/2024

Lihat juga

A  -  B  -  C  -  D  -  E  -  F  -  G  -  H  -  I  -  J  -  K  -  L  -  M  -  N  -  O  -  P  -  Q  -  R  -  S  -  T  -  U  -  V  -  W  -  Y  -   Z