Blanded Learning, UM Sumatera Barat Jadi PT Pilihan Semua Guru Meraih Gelar Mgister Pendidikan

By: Zulfahmi M (Mahasiswa Program Pascasarja UM Sumatera Barat)

Paritmalintang, 23/2/2024. 

Metode blanded learning adalah sebuah metode pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran lansung (synchronous) dengan pembelajaran tidak langsung atau mandiri yang dapat dilakukan kapan saja (asynchronous). Pembalajaran metode ini muncul seiringan dengan perkembangan penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan yang semakin pesat. Terlebih lagi setelah dunia pendidikan juga terkenan imbas dari penyebaran Virus Corona beberapa tahun yang lalu. Kondisi ini semakin memperkuat penggunaan inovasi IT dalam pembelajaran terus ditingkatkan.

Bagi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang sekarang dikenal dengan UM Sumatera Barat, metode blanded learning sudah menjadi andalan dalam memberikan pelayanan khususnya pada proram pascasarjana Pendidikan Agama Islam (PAI).

Pemilihan metode ini bukannya tanpa alasan. Setelah melakukan bebagai studi dan kajian mendalam, baik melalui perguruan tinggi terbaik nasional maupun internasional, blanded learning merupakan terobosan utama bagi proram pascasarja UM Sumatera Barat untuk diterapkan. Maka dari itu UM Sumbar menyediakan tenaga administrasi dan pendidik yang cukup matang dalam penerapan metode. Sehingga UM Sumatera Barat berhasil mampu menjadikan program pilihan terbaik bagi semua lapisan guru untuk meraih gelar master. 

Ada beberapa alasan metode blanded learning menjadi pilihan UM Sumatera Barat dalam perkuliahan bagi mahasiswa pascasarjana:

1. Belajar lebih fleksibel.

Tentunya ini akan menjadi berbeda dengan pembelajaran convensional, metode ini memungkinkan bagi mahasiswa pascasarja UM Sumatera Barat belajar lebih leluasa dalam mengatur waktu ditengah kesibukan dan tuntutan dalam pekerjaan sebagai guru di madrasah atau sekolah. Kuliah sambil tetap menjalankan tugas sebagai dengan baik adalah harapan semua guru dengan tuntutan tugas dan administrasi yang menumpuk. 

2. Mahasiswa lebih aktif dengan tingkat kepuasan jauh lebih tinggi.

Dalam metode blanded learning, mahasiswa sangat dituntut lebih proaktif untuk mendalami materi perkuliahan. Dengan metode ini, mahasiswa lebih leluasa menggunakan waktu diluar jam dinasnya untuk mengeksplor materi tanpa harus datang kekampus dan mendiskusi langsung, namun dapat dilakukan  melalui aplikasi metting yang profesional seperti zoom atau lainnya.

3. Penghematan waktu dan biaya.

Inilah yang menjadi alasan kenapa UM Sumatera Barat menjadi pilihan terutama bagai guru-guru tetap bisa kuliah lebih tinggi lagi. Keterbatasan waktu untuk kuliah terjawab dengan metode blanded learning. Apalagi waktu sangat disesuaikan dengan kesibukan mahasiswa. Keterbukaan para dosen menerima waktu sesuai dengan kesepatan mahasiswa menjadi program pascasarja UM Sumatera semakin memberi kesempatan emas bagi guru-guru tetap bisa melanjutkan pendidikan mereka lebih tinggi lagi.

Hal utama yang menjadi penghalan untuk melanjutkan pendidikan bagi guru adalah biaya kuliah. UM Sumatera Barat menyadari hal tersebut. Dengan pembayaran sistem UKT dan beberapa keringanan dan bantuan beasiswa yang sangat beragama jenisnya menjadikan UM Sumatera Barat tepat menjadi pilihan apalagi bagi guru honorer. Potongan bebas biaya terlibat dalam organisasi dan masyarakat merupakan bonus yang luar biasa bagi mahasiswa pascasarjana saat ini. Apalagi pembayaran UKT dapat dicicil beberapa kali. Suatu terobosan luar biasa bagi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Fistabiqul Khairat. Wassalam.  

Sumber: 

Last Modified: 23/2/2024