Penguatan Karakter Religius Kepala Madrasah

Kepala madrasah sebagai pemimpin pembelajaran dan perubahan di madrasah tidak hanya dituntut untuk cakap dalam pengelolaan manajemen dan pembelajaran untuk hasil belajar peserta didik yang baik sebagai target capaian, akan tetapi juga dituntut untuk menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan uswatun hasanah (contoh yang baik) dalam segala tindakan di madrasah.

Rasulullah SAW sebagai central project dari sisi terapan prilaku dan contoh yang baik bagi muslim, menjadikan semua prilaku dan contoh kepemimpinan yang dilakukan Rasulullah SAW, lebih dalam pembelajaran kepada para shahabat akan menjadi barometer baik dalam kepemimpinan pembelajaran.

Setidaknya al-QurĂ¡n telah menegaskan bahwa Rasulullah SAW merupakan teladan yang baik dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam kepemimpinan pembelajaran, sebagai Firman Allah (QS Al-Ahzab [33]:

Rasulullah Muhammad SAW adalah seorang pemimpin yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah peradaban umat manusia. Setidaknya seorang penulis barat Michael Hart dalam bukunya The 100, a rangkingof The Most influential Person in History, mengakui dengan begitu obyektif dan menempatkan Rasulullah SAW, sebagai orang yang paling berpengaruh dalam sejarah. Hal ini menunjukkan bahwa Rasulullah SAW memiliki kecerdasan yang tinggi dalam memimpin, mengola, mengatur dan menempatkan anggota masyarakat dalam berbagai posisi dengan mengedapankan Akhlakul Karimah sebagai pondasi dasar kepemimpinannya.

Artinya bahwa keberadaan Rasulullah SAW, sebagai pemimpin tidak diragukan lagi lebih-lebih dalam kepemimpinan pembelajaran, saat Mekkah dan begitu juga ketika Hijrah ke Madinah. Bahkan Beliau sampaikan dalam salah satu Haditsnya: Bahwa setiap kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya. (HR. Bukhari). Ini menunjukkan bahwa kepemimpinan seorang kepala madrasah juga akan diminta pertanggung-jawaban.

Sumber: Modul PKB Kepala Madrasah, Kompetensi Supervisi Akademik, Kemenag RI, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, 2020