10 Perlengkapan Utama untuk Pembelajaran Pra-Sekolah

Oleh: funlearningforkids.com

Hari ini saya berbagi tentang 10 perlengkapan pembelajaran untuk pra-sekolah. Saya sangat merekomendasikannya  untuk pembelajaran pra-sekolah yang dilakukan rumah ataupun di kelas. Hampir setiap hari kami menggunakannya.

Terdapat begitu banyak perlengkapan pembelajaran yang dijual di toko-toko perlengkapan sekolah. Namun bisa saja harganya membebani kantong kita. Saya pasti akan membelinya meskipun itu mahal. Saya pikir itu akan luar biasa, namun akhirnya itu hanya memenuhi lemari dan berdebu. Oleh karena itu saya ingin membuat daftar perlengkapan belajar yang harus saya miliki untuk anak-anak prasekolah. Semua peralatan ini sangat sering digunakan di rumah kita. Biayanya juga disesuai dengan keuangan dan saya tidak akan ragu untuk membelinya.

Perlengkapan pembelajaran prasekolah untuk di rumah atau di kelas

  1. Buku -  Mengembangkan keterampilan membaca sejak dini dan kecintaan membaca adalah salah satu tujuan terpenting dari agenda prasekolah di rumah saya. Hal yang terpenting adalah memberikan kesempatan anak untuk membaca dan berinteraksi dengan buku. Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukannya. Kami suka pergi ke perpustakaan dan memeriksa setumpuk buku. Saya juga pergi ke toko buku bekas/loak yang memiliki izin. Saya sering mendapatkan buku-buku baru atau bekas seharga  1  atau 2 dolar. Toko barang bekas adalah pilihan terbaik lainnya. 
  2. Kertas Asturo/Kertas Origami - Ini terlihat jelas, saya memasukkannya sebagai perlengkapan pembelajaran penting karena kami lebih sering menggunakannya daripada yang lainnya. Anak saya suka menggambar di kertas ini  Dia lebih suka menggambar di atas kertas berwarna-warni daripada kertas putih biasa dan saya menyukainya karena itu mendorongnya untuk berlatih pra-menulis dan mengembangkan keterampilan motorik halus. Saya juga menggunakannya untuk berbagai kegiatan seperti;  permainan Rainbow Hop Letter Sound Game, permainan melompati huruf-huruf yang ditulis besar pada kertas asturo sambil menyebutkan bunyi dari huruf tersebut. 
  3. Crayon Rocks/Batu Krayon - Jika Anda ingin mendorong anak untuk dapat memegang pegangan pensil dengan baik, krayon ini sangat berguna. Evan sedikit tertinggal dalam keterampilan motorik halus dan krayon ini luar biasa baginya. Banyak orang menyarankan agar anak Anda menggunakan krayon yang rusak untuk menggambar dan mewarnai, namun Evan sangat tidak menyukainya. Dia lebih memilih batu krayon karena mirip seperti batu kecil. Dia telah menggunakannya hampir setiap hari selama berbulan-bulan dan masih banyak tersisa. Sekarang, anak Anda mungkin menggunakan krayon rusak/bekas. Itu dapat menekan biayanya yang lebih mahal.  Namun bagaimanapun juga, pastikan Anda memiliki beberapa krayon lain (pensil/kapur krayon) untuk menggambar dan mewarnai.
  4. Gunting- Mempelajari cara memotong dengan gunting adalah pokok dari perkembangan pra-sekolah. Anak-anak harus bisa menggunakan gunting dengan benar ketika mereka memasuki Taman Kanak-kanak. Tahun ini kami berencana untuk menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan gunting dan mengembangkan keterampilan motorik halus mereka dan yang terpenting adalah menggunakannya dengan benar. Gunting ini adalah favorit kami. Biasanya beberapa gunting memiliki pegas untuk membantu anak-anak menggunakannya dan itu dapat dinonaktifkan ketika mereka sudah  mahir. 
  5. Lem- Menggunakan lem juga merupakan hal utama  dalam perkembangan anak masa pra-sekolah. Anak-anak harus tahu cara menggunakan lem dengan benar, baik lem dalam bentuk botol maupun dalam bentuk batang/stick. Keterampilan ini akan mempermudah gurunya dan akan menyiapkan anak Anda mendapatkan pengalaman yang lebih sukses lagi kelas. Nantinya mereka akan sering memotong dan menempelkan.
  6. Huruf busa - Kami banyak menghabiskan waktu dengan menggunakan huruf busa. Peralatan mainan untuk kegiatan alfabetis kami menggunakan huruf busa. Anda dapat membeli bath letter di toko mainan atau di Dollar Tree. Saya sebenarnya lebih  memilih mainan dari Dollar Store Puzzle karena mereka memiliki versi huruf kecil. Kebanyak bath letter yang dijual lebih banyak memiliki versi huruf besar.
  7. Lego Duplo - Ini juga kami gunakan hampir setiap hari di rumah.  Memanipulasi potongan lego dan menyatukannya sangat baik untuk pengembangan keterampilan motorik halus anak. Membangun dengan bata lego juga bagus untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan tekniknya. Saya juga menggunakan Lego Duplo untuk mengajarkan keterampilan lain seperti berhitung, pola dan simetri.
  8. Permainan Adonan - Permainan adonan adalah cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan motorik halus. Menggunakan berbagai alat adonan dari mainan tersebut, seperti pemotong kue dan gunting kue adalah cara yang bagus untuk meningkatkan perkembangan motorik halusnya. Saya menggunakannya untuk mengajarkan keterampilan matematika seperti menghitung,  mengidentifikasi nomor dan keterampilan sains seperti habitat, siklus hidup dan cuaca.
  9. Fine Motor Tool Set - Saya menggunakan bagian dari peralatan mainan ini sepanjang waktu. Alat mainan tersebut sangat berguna dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak-anak pra-sekolah. Misalnya, saya menggunakan sekop tangan untuk permainan matematika pada water table yang menyenangkan, menggunakan pinset untuk mengumpulkan bola dan pipet spiral untuk bermain awan serta percobaan sains tentang hujan.
  10. Mainan Dot Marker- Putraku suka Dot Marker –spidol/pena berwarna penanda  titik atau bintik -   ini sepanjang waktu. Mainan ini agak mahal, tetapi kami menggunakannya lebih lama karena bisa dipakai hingga 6 bulan. Anda juga dapat membelinya di toko mainan/kerajinan. Mereka juga sering memberikan kopon diskon 40% yang sering mereka berikan. Kami telah menggunakannya untuk melanjutkan mencari-cari huruf dengan mengasikkan dan untuk permainan pengenalan angka  yang menyenangkan.