Present Tense

PRESENT TENSE

1. Simple Present Tense

Simple present digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang menjadi kebiasaan, bersifat rutinitas, mutlak, sedang dilakukan, atau kegiatan yang tidak berhubungan dengan waktu yang lain.

Form:  S + V-1 (Invinitive Verb) + …                     

Perhatikan kalimat berikut:

  • People are now having children later in life, and are living longer.
  • I don’t watch television every day.
  • Does she take any short course?

(Are, watch, does, dan take merupakan invinitive verb. Keterangan waktu yang digunakannya adalah now, every day.)

Keterangan waktu yang biasa digunakan untuk present tense adalah: always, usually, sometime, seldom, never, every morning, in the afternoon, twice a week, one a year, three time a week, dan sebagainya

 

2. Present Progressive Tense

Present  progressive disebut juga dengan present continuous yaitu bentuk waktu yang digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa sedang berlangsung pada saat ditanyakan atau dibicarakan.

Form: ... Be (is, are, am) + V-ing (Present Participle) + …

Perhatikan kalimat berikut:   

  • However, children are leaving home later.
  • What are you doing right now?
  • Look!, the air conditioner in this room is still working right now.

(Are leaving, are doing, is working pada contoh kalimat di atas merupakan ciri khas bentuk progressive. Secara praktis bentuk be+V-ing untuk progressive diterjemahkan sedang..., sedang me-..., atau sedang ber-... tergantung verb yang digunakan.)    

Beberapa keterangan waktu yang biasa digunakan adalah: now, at the moment, at present, Look!,  Listen! dan sebagainya. Terdapat beberapa verbs tertentu apabila menggunakan pola present progressive akan memiliki makna yang berbeda,  diantaranya: come, take, start, visi dan leaving. Kata-kata ini akan menunjukan peristiwa di masa akan datang.

Perhatikan kalimat berikut:

  • I am visiting my uncle this afternoon.   
  • I am going to the office now.  

(Am visiting diartikan akan mengunjungi. Am going to diartikan akan pergi. Pada kalimat pertama dapat diterjemahkan Saya akan mengunjungi paman pagi ini. Sedangkan pada kalimat kedua diterjemahkah Saya akan ke kantor sekarang.) 

 

3. Present Perfect Tense

Present perfect merupakan bentuk waktu yang digunakan untuk menyatakan suatu tindakan, atau kegiatan yang sudah terjadi pada waktu lampau, tetapi masih berlangsung saat dibicarakan, dan ada kemungkinan akan berlanjut kedepannya.

Form: ...Have/Has + V-3 (Past Participle) + …

Perhatikan kalimat berikut:  

  • I have already eaten.
  • It has rained much these days.
  • What kind of working experience have you gotten?

(Penggunaan have/has+V-3  merupakan ciri khusus dari present perfect tense. Have eaten: sudah makan, has rained: sudah hujan dan have ... got: sudah ... dapatkan.)

Keterangan waktu yang biasa digunakan adalah so far, recently, already, this month, this week, today, these days, dan sebagainya.


4. Present Perfect Progressive Tense

Present perfect progressive merupakan bentuk waktu yang digunakan untuk menyatakan perbuatan atau keadaan yang dimulai pada saat masa lampau dan masih berlangsung hingga saat ini.

Form: ...Have/Has + Been + V-ing (Present Participle) + …

Perhatikan kalimat berikut: 

  • I have been studying for two hours.
  • Both politicians have been working together for more than three years.
  • Have you been learning English for more than five years so far?

(Have+been+V-ing merupakan ciri khas dari present perfect progressive. Kalimat yang diungkapkan mengandung makna: have been studying:sudah mempelajari selama..., have been working:sudah bekerja lebih dari..., have you been learning: sudahkah kamu mempelajari...?)  

Adverbs atau keterangan waktu yang lain biasa digunakan adalah since (sejak) dan for (selama) seperti: for one year, for ten years,   since she graduate, since June 1st, 2010 dan lain sebagainya)