Strategi Pembelajaran: Pengajaran Sinergis (Synergetic Teaching)

Ini adalah strategi yang menggabungkan dua cara belajar yang berbeda. Stategi ini memberi kesempatan kepada peserta didik untuk saling berbagi hasil belajar dari materi yang sama dengan cara yang berbeda dengan membandingkan catatan. 

Langkah-langkah: 

  1. Bagi kelas menjadi dua kelompok 
  2. Pindahkan kelompok pertama ke kelas lain, atau tempat lain yang tidak memungkinkan mereka mendengarkan materi Anda untuk membaca bacaan dari topik yang akan Anda ajarakan. Pastikan bahwa bacaan dapat dipahami dengan baik dan sesuai dengan waktu yang Anda perkirakan untuk pelajaran. 
  3. Dalam waktu yang sama, sampai materi tersebut kepala kelompok kedua dengan strategi ceramah di kelas. 
  4. Minta peserta didik untuk mencari pasangan kawan yang tadi menerima pelajaran dengan cara berbeda. Anggota kelompok satu akan mencari kawan dari anggota kelompok dua. 
  5. Keduanya diminta untuk menggabungkan hasil belajar yang mereka peroleh dengan cara yang berbeda tersebut. 
Catatan:
Menurut sumber aslinya, sebelum memasuki langkah keempat, proses yang digambarkann pada langkah kedua dan tiga dibalik, sehingga kelompok yang tadinya membaca bisa mendengar. Akan tetapi menurut pengalaman kami memberikan workshop, langkah tersebut tidak efektif, karena proses sinergi yang akan ditonjolkan menjadi nampak. 
Sumber: Strategi Pembelajaran Aktif. Hisyam Zaini, dkk. CTSD