Ringkasan Materi KMD SMP/MTs: Sifat dan Akhlak Pelajar Muhammadiyah

Pelajar Muhammadiyah adalah kader penggerak dan pendorong perserikatan Muhammadiyah,sehingga diharapkan dapat menjalankan misinya sebagai gerakan dakwah Islam, gerakan ilmu dan gerakan pembaharuan masyarakat. 

Oleh sebab itu pelajar-pelajar Muhammadiyah hendaknya memiliki sifat dan akhlak kepribadian yang dapat menunjang misi tersebut. Adapun sifat dan akhlak serta kepribadian yang seharusnya dimiliki oleh pelajar-pelajar Muhammadiyah antara lain adalah sebagai berikut: 

  1. Memegang teguh keyakinan akan kebenaran dan keagungan Islam yaitu laa-ilaaha illallah, Muhammadurrasuulullaah (Tiada tuhan selain Allah) dan Innad-diia indallaahil Islaam (Sesungguhnya agama yang benar disisi Allah adalah agama Islam) 
  2. Disiplin dan taat beribadah, sebagai wujud ketaqwaan kepada Allah SWT, serta membuktikan Islam Rahmatan lil'alamin (Rahmat bagi seluruh alam), disertai sikap ikhlas, tawadhu', konsekwen, dan istiqamah. 
  3. Berakhlak mulia dalam kehidupan ehari-hari, dan menjadi teladan di tengah masyarakat, yaitu memiliki kepribadian yang mencerminkan akhlak Rasulullah sebagai uswatun hasanah. 
  4. Memiliki tradisi intelektual (keilmuan), yaitu menguasai berbagai ilmu pengetahuan, sehingga tercipta sikap kritis logis, kritis, inovatif (penemuan sesuat baru), kreatif, runtut, dan benar, sehingga landasan beramal kebajikan jadi memiliki wawasan berilmu amaliyah dan beramal ilmiyah. 
  5. Gemar beramal soleh, gemar berbuat kebajikan (fastabiqul khairat) dengan landasan kedalaman iman untuk mewujudkan keunggulan intelektualitas, ilmu pengetahuan dan moral. 
  6. Memperbanyak kawan, mempererat ukhuwah islamiyah
  7. Sikap berjihad dengan segala potensi yang dimilikinya untuk perserikatan Muhammadiyah, umat dan bangsa. Artinya sungguh-sungguh berjuang untuk meneggakkan kebenaran dan keadilan sesuai ajaran Islam, dalam rangka mewujudkan perubahan yang lebih baik dalam kehidupan. 
  8. Memiliki wawasan luas dan berorientasi ke depan. 
  9. Memiliki kemnadirian dan kepercayaan terhadap diri sendiri.