Ringkasan Materi KMD SMP/MTs: Janji Pelajar Muhammadiyah


Rumusan Janji Pelajar Muhammadiyah
Bismillahirrahmaanirrahiim
Radhitu billahi rabba, wa bil Islaami Diina, wabi Muhammadin-Nabiyyaw-wa Rasuula

Kami Pelajara Muhammadiyah Berjanji
  1. Menjunjung tinggi perintah agama Islam 
  2. Hormat dan patuh kepada orang tua da guru
  3. Bersih lahir bathin dan teguh hati 
  4. Rajin belajar, giat bekerja serta beramal 
  5. Berguna bagi masyarakat dan negara 
  6. Sanggup melangsungkan amal usaha Muhammadiyah 
Pengertian yang terdapat dalam janji: 
  1. Menjunjung tinggi perintah agama Islam, maksudnya yaitu menghormati, mengindahkan, menjalankan dan menempatkan perintah agama Islam diatas segala-galanya.
  2. Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, maksudnya kita harus menghormati dan mematuhi semua perintah orang tua, selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan agama Islam. Kita harus ingat bahwa ridha Allah adala karena ridha orang tua, dan kemurkaan Allah adalah disebabkan kemurkaan orang tua. Kita juga harus selalu berbuat baik kepada orang tua, misalnya selalu mendoakan orangtua baik masih hidup ataupun meninggal dunia. Selanjutnya sikap dan perilaku terhadap bapak dan ibu guru, yang telah berjasa mebimbing dan mencerdaskan kita sejak tingkat dasar sampai sekarang, pantas kita hargai. Bapak Ibu guru juga bergelar  pahlawan tanpa tanda jasa, selayakya kita hormati sebagaimana orang tua kita karena guru adalah orang tua kedua di sekolah.   
  3. Bersih lahir batin dan teguh hati, maksudnya yaitu pelajar Muhammadiyah hendaknya memiliki aklaqul karimah atau sifat-sifa atau yang baik, dan terjauh dari sifai-sifat tercela atau  akhlaqul madzmumah. Demikian pula bersih secara lahiriyah dalam arti fisik maupun dalam segala tindakanya. Memiliki niat yang suci karena Allah dalam menuntun ilmu dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semua itu disertai dengan istiqomah (tetap pada pendirian) atau pada keteguhan hati, sehingga hal-hal yang dikerjakan dapat berhasil dengan baik. 
  4. Rajin belajar, giat bekerja, serta beramal, maksudnya pelajar Muhammadiyah hendaknya rajin, tekun dan bekerja keras dalam menuntut ilmu, karena menuntut ilmu itu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh kaum muslimin dan muslimat sapai akhir hayat. Dengan ilmu yang bermanfaat, kita dapat memperoleh kedunian demikian pula dengan akhirat, dapat kita peroleh melalui ilmu. Selanjutnya pengusaan ilmu hendaknya disertai dengan semangat untuk mengamalkan ilmu yang kita peroleh. Sehingga ilmu yang kita peroleh, tidak saja bermanfaat untuk diri kita sendiri, tetapi juga bagi orang lain. 
  5. Berguna bagi masyarakat dan negara, maksudnya pelajar Muhammadiyah itu hendaknya kelak dapat bermanfaat bagi orang lain, tidak menjadi beban masyarakat. Muhammadiyah tidak mengisolir diri dari golongan lain dalam masyarakat, dan mengganggap bahwa kewajiban warganegara adalah kewajiban anggotanya. Sehingga generasi muda justru nantinya kitalah yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan. 
  6. Sanggup melangsungkan amal usaha Muhammadiyah, maksudnya pelajar Muhammadiyah diharapkan kelak menjadi kader-kader yang akan melangsungkan amal usaha Muhammadiyah. Di tangan kitalah kelak terletak tanggung jawab untuk melanjutkan kelangsungkan hidup perserikatan Muhammadiyah