Ringkasan Mater KMD SMP/MTs: Tanggung Jawab Pelajar Muhammadiyah

Pendidikan merupakan upaya yang langsung berkaitan dengan penyiapan sumber daya manusia yang mampu menyelaraskan diri mengantisipasi dan mengelola dinamika perubahan masyarakat yang sejalan dengan tujuan dan kepentingan dakwah amar ma'ruf nahi munkar. 

Fungsi lembaga usaha pendidikan dalam Muhammadiyah tidak dapat dipisahkan dari tujuan pengkaderan, dan pendidikan dalam Muhammadiyah merupakan inti dari upaya peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) 

Fungsi sekolah dan madrsah Muhammadiyah yang dikelola oleh lembaga pendidikan Muhammadiyah adalah: 

  1. Sebagai wadah untuk mengamalkan ajaran Islam yang murni sesuai dengan Al Qur'an dan Sunnah Rasul SAW. disampin mempercerah harapan dan masa depan untuk mencerdaskan bangsa.
  2. Untuk menyiapkan sabaik mungkin dan sebanyak mungkin kader-kader gerakan Muhammadiyah yang dapat mewujudkan maksud dan tujuan Muhammadiyah.

Pengertian Pelajar Muhammadiyah
Pelajar Muhammadiyah yaitu pemuda atau pemudi atau siswa/siswa yang sedang belajar atau menuntut ilmu di sekolah atau madrasah Muhammadiyah. 

Ciri-Ciri Pelajar Muhammadiyah

  1. Memiliki identitas muslim yang kuat, terutama segi ibadah dan amaliyahnya.
  2. Memiliki keterkatan yang erat sebagai bagian dari perserikatan Muhamadiyah dengan kata lain memiliki loyalitas dan komitmen terhadap cita-cita dan perjuangan Muhammadiyah. 
  3. Menjadi teladan yang baik bagi masyarakat
Fungsi dan Tugas Pelajar Muhammadiyah 


  1. Pelopor, maksudnya pelajar Muhammadiyah harus dapat berfungsi sebagai perintis dalam menemukan atau merintis usaha-usaha baru yang semula belum pernah ada atau pernah dikerjakan oleh Muhammadiyah. Untuk itu perlu kreatifitas yang tinggi agar inovasi tersebut bermanfaat bagi perkembangan Muhammadiyah.
  2. Pelangsung,maksudnya pelajar Muhammadiyah mempunyai tugas untuk melaksanakan dan melangsungkan perserikatan Muhammadiyah yang meliputi organisasi dari berbagai amal usaha yang menyangkut berbagai aspek kehidupan dan tersebar di berbagai tempat. 
  3. Penyempurna, maksudnya pelajar Muhammadiyah bertugas menyempurnakan organisasi dan amal usaha yang telah ada jika dirasakan ada yang kurang lengkap, agar lebih baik dan sebelumnya
Tanggung Jawab Pelajar Muhammadiyah 
  1. Tetap menegakkan dan menjunjung tinggi ajaran Islam dengan berkeyakinan terhadap kebenaran dan keagungannya dimanapun mereka berada. 
  2. Tetap menjalalankan Muhammadiyah sebagai wadah untuk beramal, dengan cara berpartisipasi aktif mengembangkan Muhammadiyah sebagai perserikatan yang dibutuhkan masyarakat. 
  3. Selalu berhati-hati dalam melaksanakan ibadah, dengan menjaga kemurnian ajarannya sesuai dengan tuntunan al Qur'an dan Sunnah Nabi SAW
  4. Selalu aktif menggerakkan dakwah amar ma'ruf nahi mungkar di lingkungan masyarakat, sesuai dengan misi perserikatan Muhammadiyah 
  5. Aktif sebagai pimpinan Muhammadiyah ranting atau cabang di tempat tinggalnya masing-masing atau menjadi donatur tetap masyarakat 
  6. Bagi alumni yang mempunyai peran dalam pemerintahan atau berprofesi sebagai pengusaa, diharapkan menjadi pendukung perserikatan serta membantu melancarkan usaha-usaha perserikatan sebaga penyandang dana