Ringkas Materi KMD MTs/SMP: Keluarga Sakinah dalam Muhammadiyah

Dalil
Al Qur'an Surat  Ayat 21 yang artinya: "Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia mencipatakan untukmu istri-istiri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan jadikanNya di antara kamu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir"

Pengertian Keluarga Sakinah
Kata "sakinah" secara etimologi berasal dari bahasa Arab dari kata "sakana" yang artinya tenang, tentram lahir batin. Keluarga adalah orang seisi rumah yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak. Sedangkan menurut Islam keluarga adalah anugra Allah SWT sebaga amanah hidup bagi kehidupan berkelompok, suka bekeluarga dan mengembangkan turunan. Jadi keluarga sakinah adalah suatu keluarga yang tediri dari ayah, ibu dan anak-anak, dimana mereka dalam ketentraman dan kebahagiaan lahir batin, terjalin kasih mengasihi, sayang menyayangi dan hormat menghormati di antara mereka. 

Pembinaan Keluarga Sakinah dalam Muhammadiyah 
Keluarga sakinah yang dicita-citakan Muhammadiyah ialah keluarga muslim yang: 
1. Beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT 
2. Mempunyaui prinsip hidup adalah ibadah
3. Memiliki sifat tawadldlu' tadlarru' dan kasih sayang 
4. Memiliki perhiasan diri: tabah, sabar, dan qana'ah 

Keluarga sakinah dapat digambarkan sebagai kondisi di  mana sang ayah, ibu dan anak-anak dalam suatu rumah tangga muslim, semuanya berperan aktif dan positif menurut tugas, fungsi dan kewajiban masing-masing yaitu: 
  1. Ayah adalah sosok laki-laki yang dapat dijadikan teladan dan perlindungan bagi isteri dan anak-anaknya. Ia adalah peminpin rumah tangga yang mencari rizqi anugrah Allah swt guna menghidupi keluarganya. 
  2. Ibu adalah sosok yang lembut dan setia kepada suami serta kasih sayang terhadap anak-anaknya, membimbing dan mendidik mereka menjadi orang yang taat kepada Allah swt, menjadi anak yang shaleh dan shalehah. 
  3. Anak-anak yang terdidik dengan ajaran agama Islam akan menajdi orang yang patuh pada perintah dan larangan Allah dan setia kepada kedua ibu-bapak di setiap saat dan tempat. 
Keluarga sakinah adalah keluarga sejahtera, bahagia lahir dan batin. Kedalam terbentuk dengan suasana yang akrab antara ayah, ibu dan anak-anak sedangkan keluar terjalin komunikasi yang harmonis secara horizontal dengan orang dan keluarga lain di tengah-tengah masyarakat dan lingkungan alamnya serta secara vertikal hari-hari dilalui dengan gerakan taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT, menyembahNya dan meminta pertolonganNya serta rahmatNya.