Apa itu Media Pembelajaran?

Secara gamblang tentang pengertian ”media pembelajaran” yaitu dapat diartikan sebagai suatu alat
atau bahan yang mengandung informasi atau pesan pembelajaran. Selain itu berbagai penelitian yang dilakukan terhadap pemanfaatan media dalam pembelajaran menunjukan bahwa media tersebut berdampak positif dalam pembelajaran. Selanjutnya secara lebih mendalam dibahas juga mengenai beberapa alasan mengapa media pembelajaran perlu digunakan dalam proses pembelajaran.  

Selanjutnya dalam memanfaatkan media pembelajaran sangat penting untuk mempertimbangkan usia anak didik karena akan sangat menentukan jenis media pembelajaran yang dipilih, semakin muda usia anak, maka media yang dipilih adalah media paling mendekati bentuk asli dari konsep  yang akan dibahas.

Dalam memilih suatu media kita perlu mempertimbangkan keterkaitan antara komponen misalnya antara kompetensi pembelajaran yang akan dicapai, materi yang akan dibahas, siswa yang akan kita hadapi, pengalaman belajar yang akan dialami siswa, dan metode pembelajaran yang akan digunakan. Untuk menggunakan media,  guru dapat memilih media yang sudah tersedia di pasaran (by utilization) atau guru membuat sendiri media yang dipergunakan.