Pendirian Seseorang Dari Tekanan Tulisan Tangan

Dari kuat atau ringannya tekanan tulisan seseorang kita dapat mengetahui karakter orang tersebut.
Tekanan tersebut dengan memperhatikan bekas goresan dibalik kertas. Tekanan terhadap kertas disebut tekanan primer. Tekanan terhadap pegangan pena disebut tekanan sekunder. Tekanan primer menunjukan kekuatan vitalitas kita. Tekanan sekunder mengindikasikan sasaran dan pendirian di dalam diri kita. Tekanan primer dapat dianalisis melalui kontras diantara coretan bagian atas yang lebih tipis dan coretan ke arah bawah yang lebih tebal. Tugasnya adalah mendefinisikan antara tekanan yang dihasilkan oleh keinginan dengan tekanan yang dihasilkan oleh rintangan. 

Pada umumnya, tekanan berhubungan dengan kondisi fisik dan emosi yang dimiliki seseorang. Analisis tulisan tangan berdasarkan tekanan dalam menulis adalah sebagai berikut: 
  • Tekanan kuat: orang yang tulisan tebal hingga menimbulkan bekas coretan di balik kertas, biasanya memiliki emosional yang tinggi. Terlalu mendalami perasaan, baik mereka bahagia maupun sakit hati. Mereka menyerap segala sesuatu seperti spons. Biasanya mereka juga memiliki selera yang tinggi. Orang ini cenderung tegas, bertanggung jawab dan memiliki energi fisik yang baik. Tegas dan memiliki keinginan yang kuat, bahkan cenderung memaksakan orang lain untuk menuruti kemauan mereka. Makanya tak jarang orang yang miliki tekanan tulisan seperti ini biasanya kaku, susah menyesuaikan diri dalam pergaulan. 
  • Tekanan medium: tekanan medium menunjukan bahwa penulisnya hangat, memiliki kesehatan fisik yang baik, energi cenderung digunakan secara positif, dan cenderung mampu bertahan dalam stress. 
  • Tekanan ringan: tekanan ringan menunjukan seseorang sedang kurang baik secara emosional, sensitif terhadap sekitar, romantis, lemah lembut, tetapi juga mudah tersinggung. Tulisan yang memiliki tekanan halus mencerminkan kepribadian yang tenang dan stabil. Mereka lebih bertoleransi pengertian, sulit mengambil keputusan, dan biasanya mudah terpengaruh. 
  • Tekanan bervariasi: tekanan bervariasi mengindikasikan bahwa seorang sedang sangat gelisah, dan kesehatan pun kurang baik.