Istilah Agama Islam - S

Sahabah (صحابة) Tunggal Sahabi; siapa  pun yang menjumpai Rasulullah SAW dan meninggal sebagai muslim.
Shahih (صحيح) Makna harfiah akurat; dalam bidang ilmu hadits ia digunakan untuk menyebutkan hadits yang rantai periwayatannya bersambung (setiap periwayat mengambil langsung dari orang yang ia  riwayatkan  darinya),  di  mana  mereka terkenal jujur dan memiliki ingatan kuat.
Shalah (صالة) Jamak Shalawat; ibadah ma’ruf yang mencakupi berdiri, ruku’, tasyahud dan sujud dimana doa tertentu diucapkan.
Shaum (صوم) Berpuasa dari fajar hingga maghrib, tidak makan, minum, berhubungan badan dan menjauhi  dosa-dosa  (berdusta,  mengumpat dll). Juga ditulis Shiyam
Syirik (شرك) Menyekutukan Allah dengan menyifati makhluk dengan sifat Allah atau menyifati Allah dengan sifat makhluk.
Syura’ (شورى) Musyawarah.
Sujud (سجود) Sujud dalam shalat.
Sunnah (سنة ) Cara hidup Rasulullah SAW, baik perkataan, perbuatan, atau persetujuan beliau. Sunnah Rasulullah SAW terdapat dalam banyak hadits. Kadang kata Sunnah juga dimaksudkan ibadah yang dianjurkan dan sebagai lawan kata wajib.
Sunni (سني) Seseorang yang mengikuti sunnah Nabi SAW, yaitu sesorang yang mengikuti ajaran Islam. Istilah ini digunakan  sebagai pembeda dengan  sekte-sekte lain dengan membawa ajaran murni Islam.

Sumber:

Last Modified: 15/04/2024

Lihat juga

A  -  B  -  C  -  D  -  E  -  F  -  G  -  H  -  I  -  J  -  K  -  L  -  M  -  N  -  O  -  P  -  Q  -  R  -  S  -  T  -  U  -  V  -  W  -  Y  -   Z