Uji Kompetensi Materi Fiqih MTs Bab Hutang Piutang

Jawablah beberapa pertanyaan berikut!

  1. Pak Rafi mendapatkan musibah, anaknya mengalami cedera saat bermain sepak bola bersama temannya sehingga harus dirawat di rumah sakit selama beberapa hari. Ia tidak sanggup membayar biaya perawatan karena tidak memiliki cukup uang. Ia berhutang uang kepada Pak Reza dan berjanji akan membayarnya bulan depan. Saat waktu yang dijanjikan tiba, Pak Rafi tidak bisa membayar hutangnya. Sebagai seorang Muslim, apakah yang harus dilakukan oleh pak Reza selaku orang yang memberikan hutang?
  2. Hasil panen buah mangga milik Pak Abdullah berkurang dibandingkan panen sebelumnya. Hal ini menyebabkannya kesulitan dalam membayar biaya sekolah anaknya yang akan masuk Madrasah Aliyah (MA). Akhirnya, ia berhutang kepada Pak Amin dan akan mengembalikannya saat panen berikutnya. Akan tetapi, hasil panen tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga ia tidak bisa mengembalikan uang pinjaman sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Apakah yang harus dilakukan oleh Pak Abdullah terkait dengan tertundanya pembayaran hutangnya kepada Pak Amin? Tuliskan pendapatmu!
  3. Zaidun mengalami krisis keuangan karena bisnisnya tidak berjalan lancar. Ia menggadaikan mobilnya kepada Imron selama 3 bulan. Selanjutnya, Imron memanfaatkan mobil gadai tersebut tanpa seijin pemiliknya untuk mengantar anaknya ke sekolah dan menyewakannya sampai waktu perjanjian gadai berakhir. Apakah hukum memanfaatkan barang gadai sesuai ilustrasi tersebut? Tuliskan pendapatmu!
  4. Takim menggadaikan kendaraan roda empatnya kepada Surono. Ia ingin menambah modal untuk usaha kulinernya. Ia berjanji akan mengembalikan modal yang dihutangnya sesuai waktu yang ditentukan. Namun, sudah satu bulan usaha kulinernya belum menujukkan hasil yang diinginkan bahkan ia mengalami kerugian. Akibatnya, ia tidak bisa mengembalikan modal yang dipinjam dari Surono. Apakah yang harus dilakuakn oleh Surono sebagai orang yang menerima barang gadai? Tuliskan pendapatmu!
  5. Rita berhutang kepada Erni Rp. 750.000,00 dua minggu lalu. Saat waktu pembayaran tiba, Rita tidak bisa membayar hutangnya lalu mengalihkan pembayaran hutang itu kepada Alifah yang berhutang kepadanya Rp 750.000.00,00. Akhirnya mereka semua sepakat dengan akad tersebut. Namun, sebelum Alifah membayar hutang kepada Erni, Rita meninggal dunia. Tuliskan pendapatmu terkait dengan hal itu!