Future Tense

FUTURE  TENSES

1. Simple Future Tense

Future tense digunakan untuk mengungkapkan suatu kegiatan yang masih dalam rangka akan dilakukan atau masih direncanakan atau untuk mengungkapkan sesuatu hal yang diprediksi akan terjadi.  

Form:  S + Will/Shall + V-1 ...

Perhatikan kalimat berikut:   

  • It will rain tomorrow.
  • I will watch television tonight.
  • What will the government do with the victims of water population.

(Will rain: akan hujan, will watch: akan menonton, will ... do: akan ... melakukan. Penggunaan will/shall  merupakan  ciri khas dari  future tense.)

Ada beberapa bentuk lain dari pola future tense yaitu: is going to + V-1 (akan me-...,  akan...), want to + V-1 (ingin me-...),  plant to +V-1 (akan me-..., akan...). Dalam kalimat negatif, kita menambahkan not setelah kata will (will not/won’t). Untuk kalimat tanya kita menempatkan will... di awal kalimat untuk jawaban yes/no (Will you...?; Akankah kamu...?).  Kata keterangan yang biasa dipakai diantaranya: tomorrow, next week, next Sunday, after.... dan lain sebagainya.

 

2. Future Progressive Tense

Future progressive tense digunakan jika kita hendak mengungkapkan suatu kegiatan yang diperkirakan akan sedang dilakukan atau suatu hal yang kemungkinan akan sedang terjadi pada saat tertentu di waktu yang akan datang.

Form: ...+Will Be + Present Participle (V-ing) + …

Perhatikan kalimat berikut:

  • He will be sleeping when we arrive.
  • What will you be doing at 8:00 tonight?
  • Some students will be listening to the speeches by their seniors at 10:00 tomorrow morning.

(Will be sleeping: akan sedang tidur, ...will you be doing: akan sedang kamu lakukan, will be listening: akan sedang mendengarkan. Will be + V-ing pada pola tersebut merupakan ciri khas future progressive.)

Keterangan waktu yang biasa digunakan adalah: at this time tomorrow, at this time next week, then dan lain sebagainya.


3. Future Perfect Tense

Pola future perfect tense digunakan jika kita hendak mengungkapkan sesuatu kegiatan atau pekerjaan yang diperkirakan akan sudah selesai dilakukan  dimasa akan datang.

Form:  will + have/has + past participle (V-3) + …

Perhatikan kalimat berikut:   

  • I will already have eaten when they arrive.
  • You will have understood better before you end up reading this book.
  • The lecturer will have called all students to come to have English test by the end of this month.

(Will have eaten: akan sudah selesai makan, will have understood: akan sudah selesai memahami, will have called: akan selesai memanggil. Pola will have/has + V-3 merupakan ciri khas dalam future perfect.)

 

Untuk membentuk kalimat negatif kita menambahkan not  setelah kata will (...will not have/has + V-3...). Keterangan waktu yang biasa digunakan adalah: by the end of June, by the end of this month, before the end of this month, before June this year, dan sebagainya.

 

4. Future Prefect Progressive Tense

Future perfect progressive tense digunakan untuk mengungkapkan kegiatan atau pekerjaan yang diperkirakan akan sudah berlangsung atau dilakukan selama dalam jangka waktu tertentu, atau untuk mengungkapkan suatu hal kemungkinan akan sudah berlangsung terjadi selama durasi tertentu.

Form:  will + have/has + been + V-ing (present participle) + …

Examples:

  • I will have been studying for two hours by the time you arrive.
  • Mr. Boy Prestasi will have been teaching the article for more than 5 months.
  • What will the top leader of the party have been collecting for more than two months by the end of this month.

(Frasa will have been studying dapat diartikan: akan sudah belajar selama...,   will have been teaching: akan sudah mengajar selama ..., What will ... have been collecting: Apakah ... akan sudah mengumpulkan selama.... Jadi makna dari pola perfect progressive tense adalah mungkin akan sudah me-.... selama...) 

Untuk membentuk kalimat negatif kita menambahkan not pada will: will not/won’t. Beberapa kata keterangan untuk future perfect continuous adalah: for ... by the end of June, for ... by the end of this month, for... by..., before the end of this month, dan sebagainya.