Sifat-Sifat Negatif yang Harus Dihindari oleh Seorang Peserta Didik - Tinjauan Islam

Ada beberapa sifat negatif yang harus dihindari oleh seorang guru. diantaranya adalah:
1. Menyombongkan diri dengan tidak menerima kebenaran 
Imam Nawawi menyatakan di antara sifat guru adalah tidak menolak belajar kepada orang dibawahnya, baik dari segi umur, nasab, kemashuran atau agama, atau dalam ilmu yang lain. Akan tetapi, dia harus bersungguh-sungguh mencari ilmu darinya. Meski dia lebih rendah darinya dalam segalanya.

2. Hasad (Dengki) kepada peserta didik
Hasad adalah perilaku abnormal yang keluar dari jiwa yang sakit, ketika ia melihat ada yang melebihinya dalam urusan dunia yang fana. Hasad mengandung kebusukan dari dalam. disamping itu, ia merupakan wujud dari ketidakrelaan terhadap takdir dan pemberian Allah.Seorang pendidikan menurut Imam Nawawi tidak boleh hasad kepada perserta didiknya, karena dia lebih banyak memperoleh ilmu. Hasad kepada orang lain diharamkan.

3. Fatwa tanpa ilmu 
"Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentannya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya" QS Al Isra': 36

Imam Nawawi berkata, "Jika dia ditanya tentang sesuatu yang tidak diketahui atau muncul persoalan pada waktu pelajaran yang tidak dia ketahui, maka hendaklah mengatakan, 'saya tidak mengetahui' atau saya tidak mengusai'," Dia tidak boleh menolak hal itu karena termasuk ilmu seseorang alim adalah ucapan  'saya tidak mengetahui' atau 'Allah lebih mengetahui' untuk masalah-masalah yang tidak dia ketahui.

4. Banyak bergurau 
5. Memanfaatkan anak didik untuk urusan pribadi
6. Berada ditempat-tempat yang tidak pantas
7. Emosional dan mudah mengancam
8. Mengejek dan merendahkan murid
9. Mengunjing murid
10. Membuat murid  bosan
11. Mengajarkan diluar batas kemampuan murid
12. Menjelek-jelekan guru lain dan pelajarannya