Penilai Produk Berdasarkan Juknis Penilaian MTs 2018


Penilian Produk
Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat hasil karya, produk-produk, teknologi, dan seni, seperti: makanan halal, pakaian, sarana kebersihan halal (contoh: sabun, pasta gigi, cairan pembersih dan sapu), alat-alat teknologi (contoh: paper/ makalah, power point peta konsep Islam, jam yang menunjuk waktu shalat, alarm pengingat waktu shalat, alarm dengan nuansa Islami), hasil karya seni (contoh: kaligrafi, lukisan dan gambar), dan barang-barang terbuat dari kain, kayu, keramik, plastik atau logam yang berciri khas islami.

Pengembangan produk meliputi 3 (tiga) tahap dan setiap tahap perlu diadakan penilaian yaitu:
  1. Tahap   persiapan   produk   (perencanaan),   meliputi:   penilaian kemampuan peserta didik dan merencanakan, menggali, dan mengembangkan gagasan, dan mendesain produk/hasil karya Islami.
  2. Tahap pembuatan produk (proses), meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dalam menyeleksi dan menggunakan bahan, alat, dan teknik pengerjaan produk.
  3. Tahap penilaian produk (appraisal), meliputi: penilaian produk yang dihasilkan peserta didik sesuai kriteria yang ditetapkan, misalnya berdasarkan, tampilan, fungsi dan estetika.
Penilaian produk biasanya menggunakan cara analitik atau holistik.
  1. Cara analitik, yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya dilakukan terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan (tahap: persiapan, pembuatan produk, penilaian produk).
  2. Cara holistik, yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk, biasanya dilakukan hanya pada tahap penilaian produk.
Contoh format penilaian produk
Nama : Fauzan
Mata Pelajaran: SKI
Kelas/Semester: IX/Ganjil
Nama Produk:
Peta konsep mengenai nilai-nilai perjuangan Abdurrauf Sigkel, Muhammad Arsyad Al Bajari, KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy’ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
No
Aspek Yang Dinilai*
Skor**


1
2
3
4
1.
Perencanaam
a. Persiapan alat
b. Persiaan bahan




V
V
2.
Proses Pembuatan
a. Teknik Pembuatan
b. K3


V


V

3.
Hasil Produk
a. Keindahan
b. Bahas
c. Variasi Warna



V
V
V  


Total Skor
22
* Aspek yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat
** Skor yang dberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor yang dicapai
1= Tidak baik 2= Kurang baik 3=Baik 4= Cukup baik

Kita juga dapat menggunakan format dibawah ini:
No
Nama Siswa
Skor
Peren-
canaan
Proses
Pembu-
atan
Hasil
Produk
Jml
Skor
Nilai
1
Fauzn
8
2
9
22
79
2
Dst







Sumber: 
Lampiran Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5162 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar Pada MTs