Ringkasan Materi KMD MTs/SMP: Muhammadiyah Sebagai Organisasi

Pengertian Organisasi
Organisasi menurut bahasa berasal dari kata organ yang berarti tubuh atau badan, dimana badan atau tubuh terdiri atas beberapa anggota badan dan masing-masing memiliki fungsi tertentu. Sedangkan menurut istilah organisasi adalah berkumpulnya sekelompok manusia yang mengadakan kerjasama untuk mencapai suatu tujuan yang sama disertai aturan-aturan yang tersusun rapi. 

Unsur-Unsur Organisasi
Ada beberapa unsur sebuah organisasi yaitu dasar organisasi, tujuan, pimpinan, anggota dan kerjasama.
1. Dasar Organisasi
Dasar organisasi merupakan prinsip atau landasan setiap perjuangan. Dasar ini  dibagi dua, ada yang berdasarkan wahyu dan ada pula yang berdasarkan ra'yu. Perbedaan antara keduanya ialah bahwa wahyu itu datang dari Allah dan mutlak kebenarannya, sedangkan ra'yu adalah hasil pemikiran manusia yang kebenarannya tidak mutlak. Sedangkan persamaan antara keduanya adalah bahwa wahyu dan ra'yu dapat dijadikan dasar atau asas bagi manusia dalam berorganisasi. 

2. Tujuan Organisasi
Tujuan merupakan dasar bertindak. Maksud dan tujuan suatu organisasi dinilai oleh anggota dan masyarakat. Oleh karena itu tujuan suatu organisasi dengan perumusan harus jelas dan dapat dimengerti oleh para anggota. Tanpa tujuan, organisasi tidak ada artinya. 
 
3. Pimpinan Organisasi
Pimpinan adalah aktivitas untuk mempengaruhi orang banyak agar mereka suka berusaha mencapai sasaran-sasaran yang mengungtungkan bagi semua pihak. Maka seorang pemimpin akan menunjukan jalan dengan cara memimpin dari muka bukan dari belakang. 

5. Anggota Organisasi
Anggota organisasi semestinya mereka yang sanggup bekerjasama dengan kentuntuan atau ketetapan-ketetapan yang telah mereka buat dan sepakati bersama.

6. Kerjasama
Kerjasama identik dengan usaha bersama dalam organisasi. Tujuan dan dasar memerlukan realita, sedangkan pelaksanaannya adalah usaha menurut apa yang mereka tentukan untuk mencapai tujuan tersebut.  Disinilah pentingnya kerjasama, dimana pemimpin diminta untuk memiliki kemampuan dalam mengarahkan anggota untuk memiliki satu kesamaan usaha yang memerlukan pengorbanan baik harta, benda, waktu dan kreasi. 

Manfaat Berorganisasi
  1. Memupuk rasa persaudaraan dan cinta kasih antar anggotanya yang dijalin karena adanya cita-cita yang sama. 
  2. Memupuk rasa tolong menolong dan gotong royong untuk melaksanakan dan menyelesaikan sutau pekerjaan di antara para anggota. 
  3. Melatih dan membiasakan anggotanya untuk saling menghargai pendapat orang lain.
  4. Para anggota membiasakan diri untuk melakukan suatu keputusan yang telah disepakati oleh sebagian besar anggota meskipun dalam musyawarah dirinya tidak menyetujuinya. 
  5. Mendidik para anggotanya akan kepemimpinan dalam berorganisasi. 
Muhammadiyah Sebagai Organisasi
Istialah organisasi dalam Muhammadiyah disebut dengan perserikatan. Menurut Anggaran Dasar Muhammadiyah Bab I Pasal 1 mengatakan Perserikatan ini beranama Muhammadiyah. Perserikatan artinya berserikatnya beberapa orang yang mempunyai faham dan tujuan yang sama. Muhammadiyah sebagai organisasi mempunyai maksud dan tujuan yang terumuskan secara jelas dan tegas, terang, serta memiliki berbagai amal usaha yang diselenggarakan untuk mencapau tujuan Muhammadiyah ini. 

Berdasarkan ruang lingkup daerah kerja dan tersebarnya para anggota perserikatan maka Muhammadiyah adalah termasuk jenis ornganisasi nasional. Hal in terlihat dari struktur organisasi yang sudah tersusun dengan terorganisir mulai dari Pusat/Nasional, Tingkat Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, hingga kelurahan atau desa. 

Berorganisasi adalah Perintah Agama
Manusia adalah makhluk sosial (homo socious) yang ingin bekerjasama dengan orang lain, bantu membantu dan tolong menolong kepada sesama dalam mencapai kelangsungan hidup. Jadi menurut fitrahnya manusia itu suka akan kehidupan berjamaah dan bermasyarakat. 

Jika dihubungkan dengan agama, maka organisasi itu merupakan perintah agama, sebagaimana berdasarkan dalil berikut: 
  1. Al Qur'an Surat Ali Imran ayat 104 yang artinya"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung"
  2. Al Qur'an Surat Ali Imran ayat 159 yang artinya "Dan bermusyawarah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakalah, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya"
  3. Al Qur'an Surat Asy-Syura ayat 38 yang artinya "Dan urusan-urusan mereka, hendaknya dimusyawarahkan di antara mereka"
  4. Berkata Sayidina Ali ra: "Barang yang hak yang tidak diorganisir akan dihancurkan oleh kebatilan yang diorganisir"
Berdasarkan dalil-dalil diatas, maka berorgansasi termasuk hal yang diperintahkan dalam agama Islam serta wajib hukumnya bagi setiap muslim.