Contoh PTK Bahasa Inggris Bab V: Kesimpulan dan Saran - Kemampuan Menulis Teks Narrative Melalui Picture Series


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
 Setelah pembelajaran dengan metode Picture Series dilaksanakan, peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut :
  1. Metode Picture Series sangat diperlukan dalam pembelajaran Bahasa Inggris khususnya pada kompetensi writing. Dengan membuat kerangka karangan dalam bentuk Picture Series yang dapat digambari dan diwarnai sesuka hati, dapat memotivasi siswa untuk mengekspresikan gagasannya melalui gambar yang beraneka ragam dan warna. Picture Series juga dapat memunculkan ide, sehingga mempermudah siswa dalam menulis /mengarang. Selain itu, Picture Series juga dapat memunculkan kreatifitas, yang terlihat dari hasil karya siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Lima Kaum, Batusangkar yang bagus-bagus dan menarik, diluar dugaan peneliti. 
  2.  Implementasi metode Picture Series dalam penulisan teks monolog berbentuk Narrative benar-benar menarik minat siswa. Hal ini dibuktikan dengan catatan hasil pengamatan kolaborator Zulfahmi.M,S.Pd.I, guru Bahasa Inggris MTs Muhammadiyah Lima kaum, Batusangkar yang memberi catatan bahwa siswa sangat senang atau antusias dalam mengikuti pelajaran dengan metode Picture Series. Siswa juga sangat aktif dalam mengikuti pelajaran. Penampilan guru dan materi yang disajikan cukup baik, mengena dan mudah diterima siswa. Pada waktu ulangan, semua siswa terlihat asyik dalam mengerjakan tugas dan semua siswa dapat menyelesaikan tugas itu dengan baik.
  3. Berdasarkan analisis hasil evaluasi pada siklus pertama, dari 25 siswa mendapat ketuntasan belajar sebesar 60%. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila minimum 85% siswanya dapat mencapai nilai KKM. Berarti kelas ini tuntas belajarnya. Sedang pada siklus kedua, dari 25 siswamendapatkan ketuntasan dalam materi ini sebesar 95%,
B. SARAN
 Dari uraian dan kesimpulan di atas, peneliti menyarankan agar :
  1. Guru Bahasa Inggris SMP supaya mencoba menggunakan metode Picture Series dalam

    pembelajaran kompetensi writing teks Narrative. Selain menarik, karena dapat diberi gambar-gambar dan warna-warna sekehendak pembuatnya, juga dapat memunculkan kreatifitas siswa, memudahkan penulisan, dengan memanfaatkan gambar dan teks ketika kita mencatat atau mengeluarkan sesuatu yang ada di dalam diri, maka kita telah menggunakan dua belahan otak secara sinergis. Apalagi jika dalam peta pikiran itu, kemudian ditambahkan warna dan hal-hal yang memperkuat emosi (”Brain-Based Writing”) 
  2. Para guru atau pendidik Bahasa Inggris pada umumnya, juga dapat menggunakan metode ini dalam segala kompetensi pembelajaran, karena metode ini cukup menarik, dapat memunculkan ide dan kreatifitas, memuat berbagai metode, dan mengajak orang untuk berpikir global. Yang juga berarti mengaktifkan otak kanan. Orang yang berpikir dengan kedua belah otaknya (otak kanan dan otak kiri) akan memperoleh hasil yang maksimal dalam tugas atau pekerjaannya.

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hernowo (2007) http : // www.duniaguru.com/index.php  ”Brain-Based Writing”
Hyland,K.2003.Second Language Writting. Cambridge unniversity Press.
Indrotomo dkk. (2004) English On Sky 1 for Junior High School Students.Jakarta : Erlangga
Mulyadi, MP, 2009, Paparan Karya Tulis Ilmiah Guru, Widyaswara LPMP Jateng
Oshima,2007. Itroduction to academic English (3rded).New york:Pearson Education.Inc
Wiyanti Puji. (2009). Penyusunan Proposal dan Laporan PTK. SMPM 7       Yogyakarta