Media Pembelajaran Model ASSURE

Ada banyak model yang dapat kita gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memanfaatkan media. Salah satu model dalam merencanakan dan memanfaatkan media yaitu model yang disingkat menjadi model “ASSURE”.

Model ASSURE merupakan singkatan dari:
A = Analisis Karakteristik Siswa.
S = Sebutkan Kompetensi.
S = Sebutkan Metode-Media-Materi.
U = Upayakan Gunakan Metode Media Bahan.
R = Rancang Bentuk Partisipasi Siswa.
E Evaluasi.
Model ini diperkenalkan oleh Heinich, dkk. (1996) di mana dalam model ini terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakan media pembelajaran tertentu, yaitu:
1.A-(Analisis Karakteristik/Ciri-ciri Siswa)
Dalam tahap ini Anda perlu mempertimbangkan siapa siswa yang akan Anda hadapi? Apakah mereka siswa kelas 1, 2 atau kelas 5? Secara umum, Anda perlu mengetahui bagaimana gambaran umum dari siswa Anda. 

Dari segi karakteristik siswa, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan, yaitu:
a.Kemampuan awal siswa: Sebagai guru, Anda perlu mengetahui kemampuan awal siswa Anda.               
b.Gaya belajar siswa: Siswa memiliki kecenderungan gaya belajar yang berbeda-beda. Gardner menjelaskan terdapat 7 gaya belajar yaitu adalah kemampuan berbahasa/verbal, kemampuan berhitung/logika matematika, kemampuan mengeksplorasi ruang/visual-spatial, kemampuan bermusik, kemampuan melakukan gerak seperti tari dan olahraga/kinestetik, kemampuan memahami orang lain/interpersonal dan kemampuan memahami diri sendiri/intrapersonal (Gardner, 1993).

2.S-(Sebutkan Kompetensi)
Tujuan pembelajaran atau yang sekarang dikenal dengan istilah kompetensi pembelajaran, sangat menentukan jenis media apa yang sesuai untuk Anda gunakan.

3. S-(Sebutkan Metode – Media – Materi)
Setelah Anda menentukan kompetensi atau tujuan pembelajaran yang akan dicapai, kegiatan selanjutnya adalah Anda diminta untuk menentukan metode, media dan materi pembelajaran yang akan Anda terapkan. Pemanfaatan suatu media pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari penggunaan metode pembelajaran tertentu dan materi yang akan dipelajari siswa. Penggunaan suatu media dalam pembelajaran tatap muka, perlu diikuti dengan penggunaan metode yang sesuai. Anda dapat memilih berbagai media baik yang sudah ada maupun media yang dapat dibuat terlebih dahulu. Jenis media yang dapat Anda gunakan mulai dari gambar diam (foto, teks, poster), gambar bergerak (video, televisi), media berbasis komputer, audio (kaset dan radio). Mengenai materi pembelajaran, Anda dapat mencari materi yang relevan dari berbagai sumber.

4. U- (Upayakan Gunakan Metode-Media-Bahan)
Setelah merancang metode–media–materi, laksanakan kegiatan pembelajaran dengan metode, media dan materi yang telah ditetapkan. Dalam tabel berikut, Anda dapat mempelajari kaitan antara tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan metode pembelajaran:

Metode
Tingkat Partisipasi
Rendah
Sedang
Tinggi
Ceramah
Ö


Demonstrasi
Ö


Diskusi


Ö
Debat


Ö
Tanya Jawab

Ö

Seminar

Ö

Laboratorium/Praktik

Ö

Workshop

Ö

Permainan

Ö

Sumbang Saran


Ö
Kunjungan Lapangan

Ö
Ö
Bermain Peran


Ö
Simulasi


Ö
Studi Kasus


Ö
Proyek


Ö
Tugas


Ö
                             Sumber: Reece & Walker, 2000.

Setelah memilih metode pembelajaran, lalu bagaimana dengan media pembelajarannya? Media apa yang tepat untuk digunakan? Mari perhatikan tabel berikut!

Tabel 2.1

Jenis
Media
Info
Faktual
Pengenalan
Visual
Prinsip
Konsep
Prosedur
Umpan
Balik
Sikap
Gambar Diam
Sedang
Tinggi
Sedang
Sedang
Rendah
Rendah
Televisi
Sedang
Sedang
Tinggi
Sedang
Rendah
Sedang
Objek 3 Dimensi
Rendah
Tinggi
Rendah
Rendah
Rendah
Rendah
Rekaman Audio
Sedang
Rendah
Rendah
Sedang
Rendah
Sedang
Demonstrasi
Sedang
Sedang
Rendah
Tinggi
Sedang
Sedang
Bahan Cetak
Sedang
Rendah
Sedang
Sedang
Rendah
Sedang
                  Sumber: Bretz, 1971

5. R- (Rancang Bentuk Partisipasi Siswa)
Melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran merupakan inti agar siswa merasakan sendiri proses belajar yang dilaluinya. Untuk itu, guru perlu mempersiapkan dengan cermat beberapa hal berikut.
* Bahan yang akan disajikan.
* Siapkan kelas. 
* Siapkan siswa. 
* Berikan pengalaman belajar yang sesuai. 

6. E-(Evaluasi)
Komponen terakhir yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan dan memanfaatkan media adalah melakukan evaluasi terhadap proses yang sudah Anda lakukan. Ada dua jenis evaluasi yang dapat Anda lakukan:
a. Evaluasi Hasil Belajar. Evaluasi atau penilaian hasil belajar ditujukan untuk melihat kemajuan atau hasil yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran.
b. Evaluasi Media dan Metode Pembelajaran. Setelah Anda menilai hasil belajar siswa, selanjutnya Anda juga perlu mengevaluasi apakah media dan metode pembelajaran yang Anda gunakan membantu siswa mencapai kompetensi belajar yang telah ditetapkan.
Sumber: Materi Kuliah UT Media Pembelajaran