Penilaian Pengetahuan Pada Kurikulum 2013

Penilaian pengetahuan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan siswa yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, maupun prosedural serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan berbagai teknik penilaian. Guru memilih teknik penilaian yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan dinilai. Penilaian dimulai dengan perencanaan yang dilakukan pada saat menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Penilaian pengetahuan,selain untuk mengetahui apakah siswa telahmencapai ketuntasan belajar (mastery learning), juga untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan penguasaan pengetahuan siswa dalam proses pembelajaran (diagnostic). Untuk itu, pemberian umpan balik (feedback) kepada siswa dan guru merupakan hal yang sangat penting, sehingga hasil penilaian dapat segera digunakan untuk perbaikan mutu pembelajaran. Hasil penilaian pengetahuanyang dilakukanselama dan setelah proses pembelajaran dinyatakan dalam bentukangka dengan rentang 0-100.

Teknik Penilaian
Berbagai teknik penilaian pengetahuan dapat digunakan sesuai dengan karakteristik masing-masing KD. Teknik yang biasa digunakan antara lain tes tertulis, tes lisan, penugasan, dan portofolio. Teknik-teknik penilaian pengetahuan yang biasa digunakan disajikan dalam tabel berikut.

Teknik Peniaian Pengetahuan
Teknik
Bentuk Instrumen
Tujuan
Tes Tertulis
Benar-Salah, Menjodohkan, Pilihan Ganda, Isian/Melengkapi, Uraian
Mengetahui penguasaan pengetahuan siswa untuk perbaikan proses pembelajaran dan/atau pengambilan nilai
Tes Lisan
Tanya jawab
Mengecek pemahaman siswa untuk perbaikan proses pembelajaran
Penugasan
Tugas yang dilakukan secara individu maupun kelompok
Memfasilitasi penguasaan pengetahuan (bila diberikan selama proses pembelajaran) atau mengetahui penguasaan pengetahuan (bila diberikan pada akhir pembelajaran)
Portofolio
Sampel pekerjaan siswa terbaik yang diperoleh dari penugasan dan tes tertulis
Sebagai (sebagian) bahan guru mendeskripsikan capaian pengetahuan di akhir semester

Baca juga penjelasan Teknik Penilaian Tertulis, Tes Lisan, Penugasan dan Potofolio