Prinsip Dalam Tanda Baca Tulisan Tangan

Tanda baca tidak hanya berfungsi sebagai pengatur tata bahasa dalam menulis, tetapi juga menyampaikan pesan kepribadian penulisnya saat itu. Ada beberapa indikasi yang dapat kita dapati dari tanda baca pada tulisan tangan, diantaranya:
  • Tanda baca berlebihan: menurut analisis tulisan tangan, individu yang cenderung memakai
    tanda baca yang berlebihan bertendensi mengharapkan kesan baik dari orang lain. Terkadang ia memaksa aktivitas untuk mendapat kesan tersebut. 
  • Tanda baca yang dihilangkan: Tanda baca yang dihilangkan bisa ditemukan pada anak-anak karena selalu dalam keadaan terburu-buru dan ceroboh. Tanda baca yang dihilangkan kerap diikuti dengan margin kiri yang cenderung melebar, 
  • Koma yang panjang: penulisan koma yang panjang cenderung ditemukan pada guru yang idealis serta memiliki prinsip yang kuat. Selain itu, yang menonjol dari individu pemilik koma yang panjang ini adalah mereka senang membagikan ilmu yang dimilikinya. Bagi yang memiliki kecenderungan ini, profesi yang cocok adalah guru, pengajar, konsultan, atau dosen. 
  • Garis bawah yang tidak perlu: kecenderungan ini banyak ditemukan pada para pengajar yang sangat yakin dengan dengan ide atau pemikirannya. Tidak muah bagi mereka menerima ide atau saran dari orang lain.