Kekuatan Pribadi Dari Huruf Tulisan Tangan

Dalam analisis tulisan tangan (grafologi), bentuk huruf menunjukan kekuatan seseorang. Kaku, mengindikasikan akan logika, data, fakta, dan ketidaklenturan terhadap sesuatu. Sedangkan bulat mengidikasikan akan keramahan, lembut, dan lentur dalam lingkungan sosialnya. Berikut analisis tulisan berdasarkan bentuk huruf: 
  • Bentuk bulat: bentuk huruf bulat mengindikasikan seseorang yang senang bersosialisasi,
    ramah, dan mudah bergaul. Apabila diikuti dengan huruf besar, maka orang ini cenderung ekstrovert namun ramah. Orang ini memiliki potensi yang baik dalam berbicara di depan publik. Huruf buat juga mengindikasikan seseorang yang felsibel dan sering kali mengandalkan intuisi atau perasaan dalam memutuskan dan bertindak. dalam berkomunikasi dengan orang ini, gunakanlah perasaan dan mood yang baik agar lebih diterima. 
  • Bentuk kaku: bentuk huruf kaku mengindikasikan seseorang tidak lentur terhadap lingkungan pemikirannya, dan memiliki daya analitikal yang baik dan memiliki kemampuan berpikir logika sebab-akibat. Dalam berkomunikasi dengan orang ini, maka sediakanlah data dan fakta yang jelas. Orang ini akan mengubah pemikirannya jika telah memiliki alasan yang cukup. 
  • Bentuk kombinasi bulat dan kaku: jenis huruf seperti ini mengindikasikan seseorang yang berkepribadian dan berpendidikan baik, dan memiliki perpaduan dari kedua sifat di atas. 
  • Bentuk seperti garis dan tersambung (thread): hal ini mengindikasikan seseorang dengan pola pikir yang sistematis dan cepat, namun terkesan kurang sabar. 
  • Bentuk garland: huruf garland adalah huruf 'm' dan 'n'-nya seperti huruf 'w' dan 'u'. Bentuk huruf ini mengindikasikan pribadi yang ramah, mudah beradaptasi tapi cenderung mudah dipengaruhi. Penyayang, mudah terharu, serta tidak mudah mengekspresikan kemarahannya. Jika menghadapi masalah tipe garland akan cenderung mencari jalan yang termudah dan ternyaman. Tipe garland juga merupakan seorang yang oportunis. Orang seperti ini mampu dengan mudah untuk berbaur dengan lingkungannya, namun kemungkinan ada maksud dan tujuan pribadi kenapa ia berbaur dengan lingkungan tersebut. 
  • Bentuk copy book: bentuk huruf ini biasanya ditulis oleh para orangtua yang mendapatkan pendidikan dari sekolah Belanda, yaitu konvensional dan teratur.