Karakteristik Anak (Siswa EYL) sebagai Pembelajar Muda Bahasa Inggris

Pembelajar muda adalah siswa SD berusia antara 6-12 tahun atau 13 tahun yang dibagi dalam dua kelompok yaitu:Younger Group (6-8 tahun) dan Older Group (9-12 tahun).  Menurut kelasnya dibagi
menjadi  lower class, yaitu anak kelas 1,2,dan 3 dan upper class,  anak kelas 4,5, dan 6.  Istilah lain adalah Level one  atau tingkat pemula  (5-7 tahun) dan Level Two  (8-19 tahun).  Kedua kelompok tersebut disebut juga dengan beginners jika mereka baru memulai belajar bahasa Inggris pada usia itu.

Salah satu tujuan pembelajaran bahasa Inggris di SD adalah menumbuhkan minat anak dalam belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu  guru perlu memahami karakteristik anak sehingga dapat memilih metode dan bahan pembelajaran yang tepat untuk mereka.


Karakteristik anak SD antara lain:
  • Belajar sambil bermain, bernyanyi dan menggerakkan anggota tubuh. 
  • Mereka memiliki perhatian dan konsentrasi yang singkat (tidak tahan lama). 
  • Mereka juga belajar dengan baik ketika mereka diberi motivasi untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan yang berhubungan dengannya. Misalnya, akan lebih mudah bagi mereka untuk mempelajari materi yang menggunakan kata atau frasa seperti “ My name is…..   I have a cat. 
  • Jika suatu kalimat atau frasa berkaitan dengan benda-benda miliknya, anak akan memberi perhatian lebih kepada kalimat atau frasa tersebut. 
  • Mereka menyukai cerita sebagaimana mereka menyukai permainan. Melalui cerita, siswa dapat dilatih untuk lebih memusatkan perhatian pada konteks secara keseluruhan daripada jika dinyatakan kata per kata 
  • Pada usia 10 tahun (kelas 4) anak mulai memperhatikan orang lain tidak lagi hanya berfokus pada dirinya. Anak sudah mulai terbuka, misalnya sudah memperhatikan you, yaitu temannya. 
  • Untuk memperkenalkan bahasa Inggris kepada mereka, awali dengan hal yang konkret dan disertai dengan objek atau benda nyata atau gambar dari kata-kata yang sedang dipelajari. Benda-bena seperti kursi, meja, papan tulis, alat-alat tulis dengan mudah dapat diperkenalkan kepada siswa.
Misalnya:
That is window (sambil menunjuk jendela)
This is the door ( sambil memegang pintu)
That is the blackboard (sambil menunjuk papan tulis)
This is the floor (sambil menunjuk lantai)

  • Pada usia 10-12 tahun beri kegiatan untuk dikerjakan bersama karena anak sudah dapat bekerja sama dengan temannya. Misalnya membuat daftar, melengkapi kalimat, mengisi teka-teki silang, dan lain-lain. 
  • Bekerja dalam kelompok dapat menimbulkan rasa kerjasama dan saling membantu, terutama bagi anak yang pemalu akan membuat dia lebih berani. 
  • Dalam setiap kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris guru harus dapat menciptakan situasi belajar yang kondusif dan menarik agar anak merasa aman dan senang dalam belajar bahasa Inggris. 
  • Selain itu teknik atau metode pengajaran yang variatif perlu diperhatikan agar anak tidak merasa bosan misalnya dengan nyanyian, permainan, cerita dan lain-lain.