10 Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Kepala Sekolah

Menuru Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 40  Tahun 2021 menjelaskan kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas untuk memimpin pembelajaran dan mengelola satuan pendidikan yang meliputi taman kanak-kanak, taman kanak-kanak luar biasa, sekolah dasar, sekolah dasar luar biasa, sekolah menengah pertama, sekolah menengah pertama luar biasa, sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, sekolah menengah atas luar biasa, atau Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Pengertian lain menjelaskan kepala sekolah  adalah tenaga seorang tenaga guru fungsional yang diberi tugas untuk memimpin suatu yang diselenggarakan proses belajar mengajar atau proses interaksi guru dengan siswa. (Wahjosumidja)

Untuk mencapai tujuan yang dimaksud pada pengertian di atas, maka seorang kepala sekolah setidak memiliki kemampuan personal sehingga sukses dalam menjalankan tugasnya adalah: 

1. Kemampuan kepemimpinan  

Kepemimpinan tidak hanya diartikan mampu mengelola dan mengatur, tetapi dituntut seni dalam memotivasi sekelompok orang. Sekolah terdiri atas guru, siswa dan orang tua murid yang saling terikat dalam menjalankan proses pembelajaran yang baik. Maka dengan leadership skill yang dimiliki kepala sekolah, maka ia akan menjadi penghubung antara komponen dalam lingkungan madrasah tersebut. Untuk dibutuhkan pemimpin yang kuat dalam sekolah tersebut sehingga semua unsur mau mendengarkan dan menjalankan apa yang disampaikannya.

2. Kemampuan beradaptasi dan berinovasi

3. Kemapuan penguasaan IT

4. Kemampuan berkomunikasi

5. Kemampuan mendelegasikan tugas

6. Kemampuann memutuskan sesuatu

7. Kemampuan menyelesaikan masalah

8. Kemampuan memproritaskan pekerjaan 

9. Kemampuan menanggapi kondisi lingkungan 

10. Memiliki pandangan