Hakikat Membaca


Pengertian:
Membaca merupakan kombinasi dari mengenali simbol dan pola, menghubungkannya dengan suara dan mengumpulkannya menjadi suatu suku kata sampai akhirnya kita mampu mengintegritasikan arti suatu kata. 

Membaca juga dapat diartikan melihat sambil melisankan suatu tulisan dengan tujuan ingin mengetahui isinya. 

Tujuan membaca: 
  1. Membaca untuk memperoleh rincian atau fakta. Membaca dilakukan untuk mengetahui atau menemukan informasi yang lengkap. 
  2. Membaca untuk memperoleh ide-ide utama atau menyimpulkan. Membaca dilakukan untuk mengetahui inti dari sesuatu atau untuk menyimpulkan suatu informasi, bisa berupa topik yang baik dan menarik, masalah dalam cerita, dan apa saja yang dipelajari. 
  3. Membaca untuk mengetahui urutan atau susunan, organisasi cerita. Membaca dilakukan untuk mengetahui atau menemukan yang terjadi pada setiap bagian cerita/bacaan. 
  4. Membaca untuk mengklasifikasi atau membandingkan. Membaca dilakukan untuk mencari dan menemukan informasi mengenai kebenaran atau mana yang baik dan tidak baik. 
  5. Membaca untuk mengevaluasi.Membaca dilakukan untuk menemukan kesalahan yang telah terjadi baik dalam tulisan (huruf, kata dan paragraf), bisa juga isi dalam tulisan yang berupa data atau laporan.
Selain ada beberapa tujuan lain: 
  1. Mencari informasi 
  2. Memcari fakta
  3. Membuktikan sesuatu 
  4. Mengkonfirmasi sesuatu 
  5. Menambah ilmu 
  6. Menghilangkan stres
  7. Mencari hiburan 
Jenis membaca:
  1. Membaca permulaan adalah membaca untuk pemula yang belajar membaca dengan sebagai metode (metode fonem, eja, global, kupas suku kata, dan lancar). 
  2. Membaca lanjut adalah keterampilan membaca yang baru dapat dilakukan bila pembaca telah dapat membaca teknik ata membaca permulaan. 
Jenis membaca lanjut:
  1. Membaca intensif 
  2. Membaca memindai 
  3. Membaca pemahaman
  4. Membaca sekilas/skimming 
  5. Membaca cepat/scanning 
  6. Membaca indah 
  7. Membaca pustaka
Tips membaca menyenangkan:
  1. Memahami gambaran umum 
  2. Akraban diri dengan istilah buku yang baca
  3. Cari keterkaitan buku dengan diri sendiri
  4. Membaca buku dengan kondusif
  5. Pegang kendali dalam membaa
Sumber: Materi Kuliah Bahasa Indonesia UT Prodi Bahasa Inggris Bidang Minat Penerjemah