Propoganda Devices

Propaganda berarti penyebaran  ide,  informasi atau pernyataan yang mendalam untuk tujuan tertentu.
Propaganda dapat digunakan pada bidang politik, sosial atau perdagangan. Dalam bidang politik, partai-partai politik selama masa kampanye menggunakan propaganda sebagai alat untuk menarik massa agar tertarik pada program partai mereka.

Dalam bidang perdagangan/bisnis, propaganda dihubungkan dengan konsumerisme yang berhubungan dengan barang-barang kebutuhan masyarakat sehari-hari. Ekonomi dan perdagangan mempengaruhi kehidupan masyarakat melalui media-media yang dapat digunakan untk melakukan propaganda seperti televisi, radio , majalah, koran dan lain sebagainya. 

Sedangkan dalam bidang sosial kemasyarakatan, propaganda dapat berbentuk promosi atau anjuran, misalnya tentang kepedulian lingkungan, AIDS, hak-hak wanita dalam bekerja, bahaya narkoba, keluarga berencana, program keamanan social dan lain-lain.
Contoh propaganda:

MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN

• Glittering Generalities
Glitter  adalah istilah untuk kata-kata yang digunakan untuk menarik rasa simpati, cinta, kasih sayang, persaudaraan orang-orang terhadap masalah –masalah seperti penyakit berbahaya, penggunaan produk yang berasal dari binatang, kepedulian lingkungan, kepunahan spesies tertentu,  dan sebagainya. Rasa solidaritas ini dapat berbentuk pengumpulan dana yang dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan. Untuk menarik simpati orang, kita seharusnya mengungkapkan apa yang sedang terjadi dan memperbaiki apa yang salah.
Contoh:

"Have a regular partner
Wear condoms, avoid AIDS"

• Transfer
Transfer dalam bidang periklanan meliputi wewenang, sangsi, martabat/gengsi dari hal-hal yang kita hormati. Misalnya; gambar sebuah masjid tidak boleh kita gunakan untuk suatu candaan. Ini yang dinamakn tabu
.
Tabu adalah suatu larangan atau hal yang perlu dihindari karena dapat menimbulkan keresahan masyarakat jika hal ini dilakukan apalagi yang berhubungan dengan SARA. Oleh karena itu jika kita ingin membuat sebuah iklan, kita harus mempertimbangkan hal-hal apa saja yang ditabukan dari lingkungan yang menjadi obyek dari iklan yang akan dibuat tersebut.

• Testimonial
Testimonial adalah  pernyataan atau ungkapan penghargaan terhadap seseorang atau sesuatu. Ungkapan penghargaan terhadap akademik seseorang misalnya, dapat terlihat dari keseriusan dalam hidupnya, pengalaman dalam bidang yang digelutinya,  manfaat/harapan  bagi kehidupan dan masa depan, dan di instansi mana dia bergabung. 

Testimonial dalam iklan-iklan produk kecantikan yang menampilkan orang-orang terkenal bertujuan untuk menarik minat orang agar mengikutinya. Testimonial juga bertujuan untuk mendapatkan data untuk penelitian yang dilakukan yang berhubungan dengan produk tersebut. Pemilihan model iklan juga dilakukan melalui pertimbangan dan penelitian terhadap trend apa yang sedang disukai masyarakat dan cita rasa mereka terhadap hal tertentu dan produk berkualitas tinggi.
Contoh:

L’  O  R  É  A  L

“I  want more than a simple anti-wrinkle cream.”
Andie MacDowell
PLÉNNITUDE

REVITALIFT INNOVASION