Contoh Pembelajaran Menggunakan Scientific Approach

Langkah-langkah pembelajaran
1. Observing (mengamati)
Mengamati dilakukan bukan hanya dengan mata melainkan dengan kelima indera siswa. Hal yang dilakukan guru:
  • Guru menampilkan gambar, foto, video, audio, object langsung, teks, diagram, simulasi, main peran, percobaan, fenomena alam dan situasi sesuai dengan topik materi yang diajarkan.
  • Siswa mengamati tampilan tersebut sambil mencatat hal-hal penting pada lembaran pengamatan dengan mengacu kepada 5 W dan 1 H:  who, what, why, where, when dan how. Lembar pengamatan ini bisa disiapkan guru atau siswa.
  • Siswa mengklasifikasikan hasil catatan pengamatan.
2. Questioning (Siswa menanyakan atau mempertanyakan)

Dalam hal ini siswa membuat pertanyaan-pertanyaan sendiri terhadap hasil pengamatannya. (SISWA bukan bertanya kepada guru atau guru bukan bertanya kepada siswa). Tetapi, guru dapat membimbing siswa dalam membuat pertanyaan dimaksud.
  • Guru mengarahkan siswa untuk melakukan kegiatan “mempertanyakan” hasil pengamatan yang dilakukan pada tahap OBSERVING tadi.
  • Siswa bekerja individu atau berkelompok  membuat pertanyaan atas hasil pengamatan. Pertanyaan ini dibuat mereka di buku atau lembaran tugas “QUESTIONING”  yang telah disiapkan guru atau siswa.
3. Collecting information/experimenting (mengumpulkan informasi/melakukan percobaan)
Pada tahap ini siswa berupaya mencari jawaban atas pertanyaan yang sudah dibuatnya pada tahap questioning tadi. Hal ini dilakukannya dengan cara mencari buku sumber seperti buku siswa atau buku paket, bahan dari guru, internet,  majalah/Koran, bertanya kepada ahli, merujuk kepada pengalaman sendiri atau pengalaman temannya, dll.
Pada tahap ini guru juga melakukan hal berikut:
  • Membagikan teks jika mengajarkan reading. (sebagai teks model)
  • Memperdengarkan teks jika mengajarkan listening. (sebagai teks model)
4. Associating (Siswa menalar atau menggunakan argumen)
Pada tahap ini siswa mencoba menggunakan nalar, atau argument, pengetahuan dan pengalaman mereka untuk menghubung-hubungkan  informasi yang sudah dikumpulkan dan kemudin mengambil kesimpulan.

Pada tahap ini guru barulah mengambil peran untuk meluruskan hasil kerja anak, menjelaskan konsep materi secara singkat dan memberi kesempatan kepda anak ntuk melaporkan hasil kerja mereka.
Guru bisa menggunakan waktu sekitar 20 persen dari keseluruhan wakt yang tersedi pada proses pembelajalran tsb.

Di akhir tahap ini, guru dapat melakkan hal berikut:
  • Jika mengajarkan reading, bagikan teks kedua sebagai latihan pemantapan.(sebagai teks latihan awal)
  • Jika mengajarkan listening, perdengarkan teks kedua sebagai latihan pemantapan. (sebagai teks latihan awal)