Pembelajaran Menyimak: English for Children

Keterampilan menyimak  merupakan keterampilan pertama  yang diajarkan siswa. Menyimak merupakan proses kegiatan yang bersifat aktif karena selain mendengar siswa sekaligus berpikir untuk
mengetahui makna/arti  dari materi  yang didengar. Guru harus dapat memilih materi yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa.

Materi menyimak :
1. harus menarik,
2. dengan kalimat-kalimat pendek,
3. pengucapan jelas,
4. pemilihan kata yang sederhana
5. pilih topik yang familiar bagi siswa
6. beri kegiatan pengulangan (repetition)

Jangan sering mengandalkan sarana seperti tape recorder, kaset, audiovisual. Guru dapat menjadi sumber belajar yang menarik dan andal. Jika guru yang menjadi sumber belajar, gunakan intonasi yang dapat menarik perhatian siswa. Pastikan siswa mengerti dengan baik maksud dan tujuan kegiatan menyimak yang akan dilakukan

Berbagai Kegiatan Menyimak (Listening) pada English for Childerns
Listen and Do
Instruksi: Latih siswa untuk terbiasa mendengar instruksi dalam bahasa Ingrgris yang sering dipakai, misalnya;
Please, clean the board
Come here and write the answer on the board
Listen to me
Repeat after me
Close the door, please
Who knows, raise your hand please
Be quiet please
Who is absent today?
Let’s sing a song
 
Guru dapat menggunakan bahasa tubuh (gesture) ketika mengucapkan kata-kata tersebut. Misalnya ketika mengucapkan” Who knows, raise your hand please” guru juga mengangkat tangan.

Mini Stories
Guru membacakan cerita dan mengajak siswa untuk ikut dalam cerita tersebut dengan cara melakukan gerakan sesuai dengan yang ada dalam situasi atau cerita tersebut. Misalnya, cerita mengenai kebiasaan sehari seperti menggosok gigi, guru dan siswa memperagakan kegiatan menyikat gigi dan lain sebagainya. Pilih cerita yang sederhana dan mengandung pesan moral yang baik. Pegang buku yang digunakan untuk bercerita. Gunakan improvisasi suara, intonasi, gerakan, dan ekpresi wajah yang berbeda-beda ketika membaca. Gunakan buku bergambar yang berwarna warni.

Menggambar dan/atau mewarnai
Misalnya, siswa diberi beberapa gambar, minta siswa untuk mewarnai gambar sesuai dengan instruksi yang di dengar.

Moving about
Guru memberi instruksi seperti  stand up, sit down, walk slowly, point to the door, point to the windows,  dan sebagainya, siswa melakukan apa yang diucapkan guru. Guru juga dapat meminta mengucapkan kata yang diinstruksikan sambil melakukan gerakan. Misalnya guru mengatakan : say hurray, say Good Morning, I’m happy,  dan lain sebagainya  sambil merentangkan tangan misalnya. Siswa diminta untuk mengucapkan  kata tersebut sambil merentangkan tangan pula.
Listening For Specific Purposes
1). Latihan mengidentifikas. 
Misalnya, siswa diminta untuk mengidentifikasi benda tertentu sesuai dengan informasi yang siswa dengar. 
2). Mencari kesalahan
Misalnya, siswa diminta untuk mengidentifikasi apa yang salah dari sebuah gambar sesuai dengan deskripsi yang mereka dengar.
3). Mengurutkan gambar sesuai dengan urutan kejadiannya
Misalnya, siswa diminta untuk mengurutkan gambar sesuai dengan wacana yang mereka dengar.
4). Melengkapi informasi yang belum lengkap
Misalnya, siswa melengkapi suatu teks pendek sederhana atau teks lagu yang beberapa kata nya dihilangkan dengan mendengarkan teks yang dibacakan guru.
5). Latihan pengucapan dan intonasi
Beri siswa latihan mengucapkan dengan intonasi yang benar.

Sajak
Guru membacakan sajak pendek sederhana baris per baris, minta siswa untuk menirukan sajak yang dibacakan guru.

Menyanyi
Hampir sama dengan kegiatan sajak, minta siswa untuk meniru  baris per baris lagu yang dinyanyikan guru. Agar lebih menarik bagi siswa guru dapat melakukan gerakan yang sesuai dengan arti kata-kata tersebut.
 
(Sumber: Materi Kuliah English for Children UT)